Selasa, 04 Mei 2010

“PERJALANAN SERIBU MIL SELALU DIMULAI DENGAN LANGKAH PERTAMA”.



旅行千里总是始于足下
Lǚxíng qiānlǐ zǒng shì shǐ yú zúxià “
(Ujar-ujar kuno Tionghoa)

Arti tulisan diatas kalau diindonesiakan adalah: “Perjalanan seribu mil selalu dimulai dengan langkah pertama”. Mengawali bukanlah suatu yang mudah, karena disana dibutuhkan suatu pertimbangan, pemikiran konsekwensiyang harus dihadapi dan dengan demikian untuk melakakukan langkah berikutnya kita akan lebih mudah dari pengalaman pada langkah awal dan seperti itu seterusnya.

Berapa langkah telah kita ayunkan? Berapa masalah yang sudah kita hadapi? Berapa sering kita ragu akan langkah kita? Banyak pertanyaan yang timbul dalam sanubari ini di saat kita menyadari apa yang tengah kita alami saat ini.

Seorang pendaki gunung sejati tidak pernah melihat kebawah untuk mencapai puncak gunung, seorang pelari cepat memusatkan perhatian oada garis finish. Mungkin dalam mencapai segala sesuatu yang diharapkan, kadang kita harus melewati lembah yang curam, kerikil yang tajam, paris yang membuat kita kadang terjatuh terseok seok atau berdarah, tetapi diasaat kita sudah berani untuk melangkah, kita harus tetap melangkah dalam mencapai suatu tujuan.

Seribu mil harus diawali dengan  satu langkah, jangan pernah berhenti, maju dan pantang menyerah menghadapi segala sesuatu yang harus kita hadapi dan dengan demikian tanpa kita sadari, kita telah semakin dekat dengan tujuan yang hendak kita capai dan kita akan semakin kuat karena kita telah melalui semua hal yang membuat kita pernah tergelincir atau jatuh merupakan pengalaman yang senantiasa membuat kita lebih berhati-hati untuk langkah selanjutnya bukan berhenti.

Jangan melihat ‘Tujuan’ adalah akhir dari sebuah perjalanan tapi jadikan tujuan sebagai bagian dari perjalanan dengan demikian kita akan terus mempunyai semangat untuk menuju ke tujuan demi tujuan tanpa kita pernah berhenti. Dengan demikian pula kemenangan demi kemenangan akan kita capai. Seribu mill selalu dimulai dari satu langkah!! Jangan pernah bermimpi sudah mencapai ribuan mill kalau kita tidak segera bangun untuk mengawali langkah pertama. Tetap semangat kawan, tatap masa depan, raih tujuan bagian dari perjalanan, anda adalah PEMENANG.

1 komentar: