Senin, 10 Januari 2011

PEDANG SAMURAI PALSU

Akhir-akhir ini saya sering menerima email atau sms atau telpon bahkan ada yang langsung datang ke rumah menawarkan “samurai” asli Jepang (begitu mereka menyebutnya, padahal samurai adalah orangnya sedangkan pedangnya bernama katana, nihon-to, shinken, iaito, dll tergantung jenis dan tipe nya). Begitu saya tanya “pedang samurai” yang anda tawarkan apa namanya, mereka semua tidak tahu dan tidak bisa menjawab.

Dan begitu saya lihat foto pedang yang di tawarkan selalu itu itu saja. Entah dari mana asal mulanya yang jelas kebohongon atau ketidaktahuan menyebar (saya sebut kebohongan karena setelah saya beri informasi yang benar sebagian dari mereka masih meneruskan jual beli “samurai” tersebut, saya sebut ketidak tahuan karena memang mereka awalnya tidak tahu bahwa itu bukan lah pedang yang mereka pikir, dan sebagian dari mereka berhenti menyebutnya “samurai”).

Saya tidak ingin menjatuhkan siapapun dan tidak menghalangi usaha mereka berjual beli. Sah-sah saja toh mereka jualan, yang penting sesuai dengan apa yang mereka jual. Saya hanya tidak setuju mereka menggunakan “istilah” yang bukan pada tempatnya untuk menjajakan dagangan mereka.

Ketika saya tanya harganya, sering saya di buat melongo. Harganya bervariasi, mulai dari yang puluhan juta hingga puluhan milyar rupiah. Barang nya sama, harga bervariasi tergantung imajinasi si penjual. Ketika saya bahas di yahoogroups saya menjelaskan bahwa barang yang di sebut “samurai” itu bisa di dapatkan dengan harga hanya Rp. 750.000,- di Pasar Turi Surabaya, bahkan ada salah satu member yahoogroups yang memberikan informasi harga di Jakarta hanya Rp. 75.000,- lengkap dengan segala attribut yang di tawarkan.

Attribut yang biasanya ditawarkan bersama dengan pedang tersebut adalah:
1. Gambar 9 gunung dan 9 bintang.
2. Tahun bervariasi: 1817, 1705, 1136, 1465, 1575, 1801 dan 1603
3. Gambar naga, huruf kanji (entah dari mana mereka tahu itu huruf kanji, karena saya sangsi bahwa mereka mengerti bahasa Jepang).
4. Pisau kecil sering disebut oleh mereka pisau harakiri. Baca disini seppuku (atau dalam bahasa kasarnya yang disebut harakiri) seharusnya memakai pisau apa: http://en.wikipedia.org/wiki/Seppuku
5. Sertifikat terbuat dari kain (apakah si penjual bisa baca dan mengerti apa isinya?)
6. Gambar matahari terbit
7. Nomor Seri (yang ini agak aneh, mana mungkin zaman para samurai pedangnya pakai nomor seri segala, yang ada mah.. mei atau signature pembuat pedangnya di nakago, kecuali shin-gunto atau pedang peninggalan perang dunia II, tetapi pedang ini tahun pembuatannya tidak mungkin lebih tua dari tahun 1900-an). Klik disini untuk membaca kriteria pedang peninggalan perang dunia II.

8. Yang terakhir yang menjadi ciri khasnya: lentur bisa di buat sabuk. Ciri khas ini yang sangat menunjukkan bahwa tidak ada pedang Jepang atau pedang Samurai dari tahun manapun yang memiliki sifat lentur bisa di tekuk dan di pakai sabuk. Namun anehnya mereka masih menyebutkan “samurai”. Ada 2 Kesalahan disini: 1. Samurai adalah kasta (status sosial) orangnya, gampangannya sama dengan pendekar atau ksatria kalau di Indonesia, “samurai bukan nama pedang”, 2. Tidak ada pedang samurai (nihonto) yang lentur dari tahun manapun.

9. Embel-embel yang membuat nya semakin kedengaran tambah hebat: “Putus Paku!”

Saya juga pernah menerima email dari Jakarta yang isinya kurang lebih seperti ini: “Pak, apakah anda tahu seseorang di Jakarta yang ahli menggunakan pedangnya? Saya tidak ingin latihan tapi ingin minta orang tersebut untuk mengetes sebuah pedang.” Ketika saya tanya pedang apa yang ingin anda tes dan bagaimana cara mengetesnya? Mungkin saya bisa kenalkan anda pada kenalan saya di Jakarta kalau saya sudah tahu apa yang akan anda lakukan.” Kemudian dia menjelaskan teknis yang akan di lakukan untuk mengetes pedang dia yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal di depan komputer (tidak akan saya uraikan disini). Ujung-ujungnya dia akan jualan pedang tersebut setelah di tes terlebih dahulu oleh (menurut dia) “orang yang ahli dalam menggunakan pedangnya”. Istilah “orang yang ahli dalam menggunakan pedangnya” dan penjelasan bagaimana cara mengetesnya itulah yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Dalam hati saya berkata, “ada-ada saja nih orang”.

Dalam tulisan ini, saya tidak akan memuat foto pedang tersebut, walupun di hard disk saya banyak foto-foto tersebut setelah di kirimi oleh para pedagang pedang samurai palsu itu.

Saya sering pada akhirnya berkata pada mereka, “Saya tidak melarang dan saya tidak punya hak untuk melarang anda jualan pedang dengan harga miliaran rupiah. Itu hak anda. Tetapi tolong jangan menyebarkan kebohongan dengan mengatakan pedang itu pedang samurai. Sebut saja pedang sabuk, karena memang itu namanya. Karena kalau di sebut pedang samurai, pedang itu tidak termasuk dalam kategori manapun dari pedang samurai yang benar-benar pedang samurai dari Jepang. Sama hal nya dengan orang yang menjual sebuah clurit dengan mengatakan itu sebuah keris zaman mojopahit, bagi anda yang tahu keris pasti akan tertawa terpingkal-pingkal. Bagaimanapun juga, sebuah clurit tidak bisa di kategorikan ke dalam jenis keris yang mana pun. Nah berhubung orang Indonesia sangat awam terhadap jenis dan nama-nama pedang samurai, maka mereka tidak akan tahu bahwa pedang yang anda jual itu bukan pedang samurai asli Jepang.”

Referensi berikut ini akan berguna bagi anda. Tulisan di website ini ditulis oleh seorang ahli sejarah pedang samurai Richard Stein, PhD dan sudah banyak mendapatkan penghargaan atas tulisannya. Dan memang sengaja di hosting di hosting gratisan agar selalu online untuk keperluan komunitas pecinta pedang Jepang (nihonto) sedunia tanpa harus mengeluarkan biaya pertahunnya. silahkan klik disini untuk mengaksesnya atau klik disini kalau link yang pertama sedang down.

Klik disini untuk membaca atau mengadakan riset tentang semua jenis nihonto (pedang Jepang atau juga di sebut oleh kebanyakan orang “pedang samurai”).

Mudah-mudah tulisan dan pengalaman saya ini berguna bagi masyarakat Indonesia agar tidak mudah tertipu membeli pedang dengan harga yang tidak sesuai dengan nilai sejarahnya.

Baca juga artikel ini mengenai keaslian sertifikat yang di keluarkan oleh organisasi di Jepang.




NB: Tulisan ini TIDAK di tujukan untuk menjatuhkan siapapun. Tulisan ini untuk memberikan informasi yang benar bagi masyarakat Indonesia. Dan jika anda ingin bertanya, posting di shout-box, kirim sms atau email dsb tentang pedang sabuk, mohon maaf, jangan harap anda akan mendapatkan respons dari kami, jika anda ingin bertanya tentang ilmu pedang samurai, kami dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan anda. Logika nya begini: jika memang pedang sabuk itu adalah pedang samurai, tentu nya di film-film samurai yang di produksi oleh jepang, pedang itu akan muncul dan di pakai oleh para samurai di film-film tersebut, dan di buku-buku sejarah samurai pedang itu akan di sebut-sebut. Nah pikir sendiri, gunakan logika anda, jangan gunakan emosi anda, dan tidak usah berkomentar apa-apa kalau anda belum belajar tentang sejarah samurai… percuma, buang-buang waktu saja!


19 komentar:

  1. Makasi info ya pak . Sangat membantu

    BalasHapus
  2. Maaf saya ingin bertanya saya memiliki "samurai" yang spesifikasinya sama seperti yg anda sebutkan di blog anda ada bintang,bunga sakura,gunung yg msing2 berjumlah 9 matahari terbit di pedang dan sarungnya tapi di dalam sarung tersebut terdapat intan yg sekaligus untuk mengasah "samurai" jika di buka apakah samurai saya asli dan apa nama spesifik "samurai" saya tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh ada g samurai nya ?

      Hapus
    2. Menurut saya palsu deh mana ada dulu orang samurai nyimpen Intan di samurainya juga Saman duku gak ada cetakan yang ngebentuk bintang gunung melati itu menurut saya kurang memungkinkan

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Pada dasarnya samurai itu memang tidak lentur,karena bahanya terdapat unsur steel dan bahan itu sangat kaku..
    Tapi pedang lentur memang ada dijepang dari jaman dulu,semenjak besi titanium pertama ditemukan disana..
    Pedang itu juga masuk dicina dan Indonesia bahkan negara lain..
    Pedang lentur ini juga sempat dijadikan pedang pusaka yg dianggap ampuh dan unik,bahkan didalam gagangnya ada tanda tangan dan nama pembuatnya..keampuhan pedang itu dilihat dari ketajaman yg tak masuk akal,hampir ketajaman mata pedang ini tak bisa dilihat oleh mata telanjang,dibuktikan dijatuhkan sehelai rambut diatas pedang yg diarahkan keatas menjatuhi mata pedang itu rambut lsg putus,begitu juga kapas,saya jadi membayangkan bagaimana jika mengenai kulit atau tubuh manusia..
    Sampai saat ini pedang lentur itu juga masih jadi barang rebutan dengan harga cukup mahal,padahal mereka nggak tau apa manfaatnya untuk kebutuhan sehari2...

    BalasHapus
  5. APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE
    INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN?
    SAYA BANTU BUAT
    Apakah Anda merencanakan pernikahan, merenovasi rumah, membayar uang sekolah anak-anak, atau bahkan mengajak orang-orang tercinta dalam perjalanan liburan Anda? Personal Loan dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Produk pinjaman kami juga tersedia jika Anda ingin melakukan pembelian lainnya.
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami
    fasilitas :
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami :
    * Jumlah pinjaman hingga IDR 200 juta
    * Tanpa agunan, persyaratan mudah dan proses yang cepat
    * Pembayaran dengan cicilan tetap dan terjangkau setiap bulan
    * Perlindungan asuransi jiwa dari kewajiban pelunasan seluruh hutang apabila Anda mengalami musibah
    Tarif dan biaya
    * Untuk pinjaman >= 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 1,75% sudah termasuk biaya asuransi.
    * Sedangkan pinjaman < 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 3,5% sudah termasuk biaya asuransi.
    * Biaya Materai 6.000 (di form aplikasi)
    * Biaya Keterlambatan, 5% dari pembayaran bulanan atau IDR 60,000 yang mana lebih tinggi.
    * Pelunasan Dini, 5% dari sisa pokok terhutang
    Anda berminta hub my brother IRVAN YAA . PIN 7EA8D6FD TELP 088215334251. 085600125176

    BalasHapus
  6. buat yg stres mikirin SM belum nemuin BUYER tepat. kami solusinya, dengan BUYER yg terbukti manjur dan sudah pernah berhasil.

    hub : 08813665899
    atau pin bb saya 753cd8d0

    BalasHapus
  7. bos pembuat pedang sabuk itu dimana ya mgkin ada referensi.. krn saya punya pemberian dr orang, saya tertarik bukan pedangnya, kain katanya sertifikat atau asesorisnya tp didalam gagangnya ada batu giok hijau lumayan buat batu akik hehehe...

    BalasHapus
  8. bos pembuat pedang sabuk itu dimana ya mgkin ada referensi.. krn saya punya pemberian dr orang, saya tertarik bukan pedangnya, kain katanya sertifikat atau asesorisnya tp didalam gagangnya ada batu giok hijau lumayan buat batu akik hehehe...

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Saya jumpa satu yg kmi panggil samurai cap bunga sakura sama 6 bintang sama label lll pa kah maksud vvv

      Vvv

      Hapus
    2. Bolh abng wasssap saya d +6737151981 brunei saya minta abng tengok gambar dari whatsapp saja dlu

      Hapus
    3. Bolh abng wasssap saya d +6737151981 brunei saya minta abng tengok gambar dari whatsapp saja dlu

      Hapus
    4. Saya jumpa satu yg kmi panggil samurai cap bunga sakura sama 6 bintang sama label lll pa kah maksud vvv

      Vvv

      Hapus
  10. Buyer Asli dan Bonafit untuk Pedang Putus Paku Jenis Katana, Selendang, dan Roll / King Roll (Harga sangat tinggi)
    Kontak: 0821-5282-3232
    Email: belipedangsamurai@gmail.com
    Website: http://pedangsamuraiselendang.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  11. saya kenal dg pemilik samurai ( hand roll tombol 3 & 5 ) warna hitam kumbang,lokasi barang dan pemilik di jawa barat. bagi rekan2 yg bisa mendatangkan buyer ke lokasi,hub saya di 085640000671. foto n video siap.
    no tipu2..no omdo..no preman receh..
    NB : Hanya yg serius yg kami layani

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus