Sabtu, 18 Desember 2010

MEDITASI

 
Mengapa saya harus meditasi ?

Kata meditasi berarti terus menerus memberikan perhatian atau menghentikan pemikiran pada satu pokok pikiran. kwalitas atau keadaan atas obyek yang kita meditasikan.

Oleh karena itu ketika kita meditasi pada sesuatu yang tidak kentara yaitu Tuhan, kita akan menghilangkan kekotoran kita dan mendapatkan kehalusanNYA. Sehingga tujuan tertinggi dalam kehidupan, jadi memungkinkan untuk dicapai.. Dan ini hanya bisa didapat melalui praktek terus menerus meditasi setiap hari dengan ketaatan yang tulus ikhlas.

Bagaimana saya menyiapkan diri untuk meditasi harian saya ?

Cara menyiapkan diri untuk meditasi di pagi hari diberikan seperti di bawah ini :

1.      Bangun sebelum matahari terbit.
2.      Sikat gigi dan cuci muka.
3.      Mandi jika kamu merasa kotor (disarankan bahwa kamu mulai meditasi sepagi mungkin tanpa menghabiskan waktu pada aktivitas-aktivitas rutin seperti minum teh, baca koran, olahraga dan sebagainya).
4.      Pakai pakaian yang longgar dan enak dipakai.
5.      Tentukan satu waktu dan tempat khusus untuk meditasi setiap hari.
6.      Beritahu anggota keluarga yang lain untuk tidak mengganggumu selama meditasi.
7.      Mulailah dengan meditasi selama 30 menit. Tambah waktunya setelah kamu merasa cocok dan lakukan itu menjadi satu jam. Kalau kamu membuka mata sebelum waktunya, kamu dapat menutup matamu lagi dan meneruskan meditasi.
8.      Duduk yang enak, santai tetapi punggung dan kepala tetap tegak. Kamu bisa duduk di lantai, di bangku, dengan punggung (bukan kepala) bersandar pada tembok. Kalau kepalamu tertunduk setelah kamu mulai meditasi (disebabkan karena kehilangan kesadaran), kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Tiduran tidak diijinkan karena terlalu mengasyikkan sehingga dapat membuat kamu tidur.

Bagaimana saya meditasi?

Tutup mata dan mulai dengan suatu anggapan bahwa Cahaya Tuhan hadir di dalam hati. Setelah itu duduk santai dengan suatu sikap melihat ke dalam diri. Ini mudah sekali.

Haruskah Saya Mengulang-ulang Anggapan Tentang Cahaya Tuhan ?

Tidak. Dengan satu niat saja sudah cukup. Dengan anggapan tersebut, alam pikir bawah sadar dihubungkan dengan Tuhan yang ada di dalam hati selama seluruh periode meditasi. Alam pikir yang sadar mungkin mulai menghasilkan pikiran-pikiran lain, bayangan-bayangan dan sebagainya, tetapi kita dianjurkan untuk tidak memperhatikan hal-hal tersebut, karena ini adalah satu cara untuk membuang banyaknya pemandangan.

Catatan : – Mohon dimengerti bahwa dalam sistem ini tidak ada yang harus dikerjakan oleh akal setelah kita memulai meditasi
– tidak ada konsentrasi atau pengulangan pemikiran seperti mantera. Sistem sebelumnya yang rupanya menggunakan metode seperti itu hanya untuk mencegah atau menahan pikiran-pikiran.

Bagaimana Mungkin Meditasi Tanpa Akal Kita Melakukan Suatu Pekerjaan (Selama Meditasi)?

Bahwa pikiran sangat kuat. Oleh karena itu anggapan belaka pada saat mulai bahwa Cahaya Tuhan ada di dalam hati, sangat kuat untuk menghubungkan akal kita dengan Tuhan. Ini bisa dibandingkan dengan menyalakan sebuah lampu. Sambungannya akan terus menerus menyala dan tidak perlu harus terus menerus menekan tombolnya.

Haruskah Saya Mencoba Untuk Melihat Cahaya ILAHI Selama Meditasi ?

Tidak. bahwa ILAHI terlalu halus untuk ditangkap pancaindera. Meskipun cahaya masih bersifat kebendaan tetapi ILAHI tidak harus dilihat seperti sinar matahari, sinar bulan atau sinar listrik. Karena akal manusia tidak bisa meditasi pada sesuatu yang kosong. Kita menerima ILAHI sebagai suatu anggapan yang abstrak (tidak nyata) dan meditasi atas anggapan tersebut dan itu memberi gambaran yang jelas atas kesadaran kita di dalam diri.

Jadi Apa Yang Harus Saya Lakukan Selama Meditasi ?

Tidak harus mekukan apa-apa, kamu tidak aktif, kamu pasif selama meditasi. Meditasi adalah suatu keadaan menunggu KEBESARAN SANG MAHA / KEBESARAN ILAHI masuk kedalam diri kita. Ini cara yang paling alami, karena tidak ada aktivitas jasmani atau rohani dan kita mengambil suatu sikap PASRAH ATAU MENYERAH (pasif seluruhnya) .

Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Pikiran-Pikiran Saya Mengganggu Selama Meditasi ?

Kamu harus menganggapnya seperti pikiran tersebut adalah pikiran orang lain. Jadi ciptakan jarak antara dirimu dengan pikiran yang muncul.. Kalau anda mendapatkan dirimu terlalu terlibat dengan pikiran tersebut, anda disarankan untuk perlahan-lahan melepaskan pikiran tersebut dan membawanya kembali ke suasana awal (sebelum mulai meditasi), ucapkan lagi CAHAYA ILAHI / CAHAYA TUHAN / CAHAYA SANG MAHA ada di dalam hatimu. Bagaimanapun ini hanyalah persoalan yang sementara bagi siswa meditasi baru. Dengan meditasi setiap hari secara teratur, kamu akan menemukan bahwa pikiran tersebut kehilangan bebannya dan berhenti untuk mengganggu perasaan yang menginginkan ketenangan di dalam hatimu.

KEUNTUNGAN MEDITASI

Meditasi adalah suatu tingkatan dimana terjadi kedamaian dan ketenangan dalam pikiran kita, diam namun sepenuhnya siaga. Kekuatan utama dari meditasi adalah membawa kita secara nyata kedalam tingkatan kesadaran yang lebih tinggi yang akan membantu kita manusia untuk mendapatkan sebuah kebenaran dalam sebuah hal.
Melalui Meditasi yang rutin, beberapa keuntungan yang akan kita peroleh antara lain:
·        Meningkatkan kesehatan dan memperkuat sistem pertahanan tubuh kita.
·        Menghilangkan stress, keterikatan, dan sifat kemarahan.
·        Meningkatkan konsentrasi dalam sekolah maupun kerja.
·        Melenyapkan segala hal negatif dan gaya hidup yang merugikan diri sendiri.
·        Memperkuat rasa percaya diri dan keyakinan diri.
·        Meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang berguna dalam membangun hubungan dengan orang lain.
·        Kebangkitan dari satu kesadaran yang lebih tinggi menuju sebuah dimensi kesadaran kolektif, didalam tahap ini dapat merasakan secara nyata perasaan diri sendiri dan orang lain.
·        Membuang segala prilaku yang tidak baik yang akan menyebabkan ketidak harmonisan hubungan antara individu, masyarakat dan budaya.

KEUNTUNGAN KESEHATAN

Bermacam-macam penyakit dan gangguan kesehatan erat kaitannya dengan ketidakseimbangan sistem energi yang sulit dipisahkan. Melalui meditasi, seseorang membangkitkan energi murni yang tidur dalam diri kita, melalui proses penyelarasan : dan segera memulai menerangi pusat energi yang sulit dipisahkan di dalam diri kita. kemudian bisa menyembuhkan, menyeimbangkan dan memelihara pusat energi yang sulit dipisahkan melalui teknik pembersihan sederhana yang diajarkan dalam klubmeditasi. Keseimbangan pusat energi akan meningkatkan status kesehatan dan kamu menjadi lebih kebal terhadap bermacam-macam penyakit. Keuntungan yang luar biasa, “ Sekali anda telah mengikuti penyelarasan dan melatihnya, kamu tidak perlu cemas dan khawatir akan kesehatanmu sama sekali.”
Kesehatan yang didapat dari klubmeditasi telah dibuktikan dari banyaknya anggota klub regular maupun online. Banyak orang juga telah mengobati diri mereka sendiri dari penyakit seperti tekanan darah tinggi, sakit asma, epilepsi, kencing manis, kanker dan lain-lain.

MENINGKATKAN KENYAMANAN TIDUR

Manfaat yang diperoleh secara nyata dari melatih Meditasi adalah seseorang akan mendapatkan tidur yang lebih baik, lebih dalam dan bangun dalam keadaan lebih segar. Banyak orang kesulitan untuk tidur, menderita penyakit atau tidurnya tidak memuaskan, yang mana mereka menyalahkan segalanya dari cuaca tidak baik, tempat tidur tidak baik dan lain-lain. Sesungguhnya, banyak hal yang menyebabkan seseorang susah tidur yaitu kesibukan pikiran, pengalaman masa lalu, cemas akan masa depan. Melalui Meditasi semua itu dapat diatasi dan anda akan mendapatkan tidur yang nyaman dan menyehatkan.

PENGENDALIAN STRESS

Hubungan antara sistem pusat energi dan emosi, phisik dan kesehatan mental, berhubungan dengan energi Yin (emosi, keinginan dan masa lalu) dan energi Yang (kegiatan kita dan pikiran masa depan). Stress adalah hasil dari ketidakseimbangan antara kedua energi tersebut, sebagai akibat dari kelebihan kerja dan pemaksaan terhadap sistem pusat energi kita.
Melalui Meditasi, kita dapat belajar cara menyeimbangkan kedua energi tersebut dan menikmati keseimbangan dalam kehidupan, kedamaian dan ketenangan.

PENGEMBANGAN DIRI

Kebangkitan energi rohani yang tidur “Kundalini” menyempurnakan peningkatan dan perubahan positif di dalam kepribadian kita. Dengan praktek, seseorang akan menemukan bahwa banyak kualitas bawaan dari pusat energi kita yang menjadi nyata dalam hidup kita. Kita menjadi secara otomatis menjadi lebih dinamis, kreatif, yakin dan pada waktu yang bersamaan penuh kesederhanaan, berbelas kasih dan penuh kasih sayang. Banyak individu, yang praktek Sahaja Yoga, juga menemukan bakat bawaan mereka sendiri dan potensi dalam banyak hal ( contoh seni, musik, kemampuan pidato dll) dan secara berangsur-angsur berkembang pada tingkatan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.
Pelaksanaan Meditasi juga akan meningkatkan fokus mental, konsentrasi dan peningkatan tenaga. Dengan pikiran yang tenan dan waspada, tidak heran banyak praktisi Sahaja Yoga yang mampu menghadapi segala tantangan dalam kehidupannya.

PENINGKATAN EKONOMI

Banyak yang melaksanakan meditasi ini mendapatkan manfaat ekonomi, seperti peningkatan moralitas akan menyebabkan pengurangan konsumsi terhadap minuman, obat-obatan, kesenangan material berlebihan, keinginan yang berlebihan. Sehingga jelas akan menghemat pengeluaran dan akan meningkatkan kemampuan eknomi. Dan kemampuan sosial yang meningkat, kepercayaan diri jelas akan membawa dampak bagi orang sekelilinginya dan banyak relasi bisnis yang akan senang bergaul dengannya. Ini akan membuka banyak kesempatan dan peluang. Kedamaian dan ketenangan pikiran dan jiwanya akan membuka banyak peluang baru, dan orang-orang serta para relasi bisnis akan senang bergaul dengannya.

Jadi tidak mengherankan jika para praktisi meditasi dapat hidup penuh ketenangan, kedamaian dan mendapatkan banyak peluang-peluang yang menguntungkan hidupnya.

Masih banyak keuntungan lainnya, yang dapat anda rasakan dan terlalu banyak untuk diceritakan. Mungkin sebaiknya anda mengalaminya sendiri, dan ini adalah keuntungan anda sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk merubah dan memperbaiki hidup anda kearah yang lebih baik, cukup rutin melakukan meditasi.


Kenapa masih belum memulainya ….

Salam
Love light and blessings
H3r

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar